Anggota DPR RI, Resmikan Amik Polibisnis Perdagangan

0
198

SIMALUNGUN | BERITA A1

Anggota Komisi X dan Komisi III meresmikan Amik Polibisnis Perdagangan di Jalan Keramat Kubah, Nagori Perdagangan II, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun sekaligus peresmian relokasi Amik Polibisnis yang sebelumnya berada di Kota Medan ke Perdagangan, Senin (21/08/2023) siang.

Iklan
Iklan

Dalam peresmian itu, tampak hadir Romo H. R. Muhammad Syafii anggota DPR RI Komisi III, Djohar Arifin Husein Anggota DPR RI Komisi XX, Syekh Dr. H. Ahmad Sabban Rajagukguk Pimpinan Persulukan Serambi Babussalam, Prof DR Ibnu Hajar Damanik M.Si selaku pembina yayasan, Samsul Pangaribuan, Azi Pratama Pangaribuan selalu Ketua Yayasan, Sudiahman Saragih Kepala Dinas Pendidikan, para kepala sekolah SMA Negeri dan Swasta di sekitaran Kecamatan Bandar serta para orang tua mahasiswa.

Azi Pratama mengatakan, pendirian yayasan ini merupakan inisiasinya agar di Kabupaten Simalungun terbentuk SDM yang mumpuni untuk memenuhi kriteria kebutuhan lapangan pekerjaan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei. “Di KEK Sei Mangkei akan ada ratusan perusahaan, akan banyak tenaga kerja yang dibutuhkan. Maka dari itu, saya bercita-cita, setidaknya 70-80 persen tenaga kerja di KEK Sei Mangkei itu adalah putra daerah terutama lulusan dari Amik Polibisnis ini,” kata Azi yang merupakan putra sulung Samsul Pangaribuan mantan Camat Bandar.

Ia mengungkapkan, saat ini di KEK Sei Mangkei rata-rata tenaga kerjanya berasal dari luar Simalungun. Alasan dari pihak perusahaan adalah SDM yang belum mumpuni. “Dengan adanya Polibisnis ini diharapkan mampu menciptakan SDM yang memenuhi kriteria perusahaan, selama ini juga sudah ada MoU antara Amik Polibisnis ini dengan para investor di KEK,” katanya.

Prof DR Ibnu Hajar Damanik M.Si, mengatakan sebelumnya Amik Polibisnis ini berada di Kota Medan, mengingat komitmen serta kebutuhan masyarakat akan pentingnya pendidikan di Kabupaten Simalungun terkhusus di Perdagangan, maka dari itu pihak yayasan melakukan pemindahan Amik Polibisnis ini ke Perdagangan agar mampu menciptakan SDM yang unggul.

Djohar Arifin mengaku bangga dengan berdirinya Amik Polibisnis Perdagangan ini. Dimana Perguruan Tinggi memang sangat dibutuhkan agar tercipta SDM unggul dan mampu bersaing. “Kita dari Komisi X DPR RI sangat mendukung perguruan tinggi ini, besar harapan kita agar Polibisnis ini mampu berkembang semakin besar dan lulusannya mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya,” katanya.

Amik Polibisnis Perdagangan ini juga memberikan 100 Bea Siswa untuk mahasiswa baru. (DN)