Bupati dan Ketua TP PKK Berangkatkan dan Dampingi 194 Jamaah Calhaj Tapsel

0
60

TAPANULI SELATAN | BERITA A1

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Dolly Pasaribu dan Ketua TP PKK, Ny Rosalina Dolly Pasaribu, memberangkatkan dan mendampingi 194 calon jamaah Haji (Calhaj) tahun 2023 asal Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), pada Rabu (14/6) malam.

Iklan
Dicari

Keduanya memberangkatkan dan mendampingi Calhaj asal Kabupaten Tapsel dari Masjid Agung Syahrun Nur, Kecamatan Sipirok, menuju Asrama Haji, Kota Medan, sebelum diterbangkan ke Jeddah, Arab Saudi, pada Jumat (16/6) mendatang.

Untuk jamaah asal Tapsel nantinya masuk kloter 23 bergabung bersama Calhaj dari Kota Medan dan Kabupaten Asahan. Yang mana, kloter ini merupakan gelombang kedua yang tiba di Makkah dengan penempatan di pemondokan Jarwal, Arab Saudi.

Adapun rincian Calhaj asal Tapsel yakni, 39 jamaah dari Kecamatan Batang Angkola. Lalu, 27 jamaah asal Kecamatan Angkola Barat, 24 jamaah asal Kecamatan Sipirok, 21 jamaah asal Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH).

Kemudian, 16 jamaah asal Kecamatan Angkola Timur. Dan, 15 jamaah asal Kecamatan Batang Toru, 12 jamaah asal Kecamatan Aek Bilah, 11 jamaah asal Kecamatan Sayur Matinggi, 8 jamaah asal Kecamatan Marancar.

Selanjutnya, 4 jamaah asal Kecamatan Arse, 4 jamaah asal Kecamatan Angkola Selatan, 4 jamaah asal Kecamatan Angkola Sangkunur, 2 jamaah asal Kecamatan Muara Batang Toru. Dan, 1 jamaah asal Kecamatan Tantom Angkola.

Sementara pendamping yang terdiri Ketua Kloter sebanyak 1 orang. Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) sebanyak 1 orang. Pembimbing 1 orang. Dokter 1 orang. Dan Paramedis 2 orang.

Sebelum melepas Calhaj, Bupati dan Ketua TP PKK, berharap jamaah haji asal Tapsel tahun 2023 nanti pulang mendapatkan haji mabrur dan hajjah mabrurah. Ia juga berharap ke para jamaah serta pendamping agar memperhatikan pola kesehatan.

“Jaga kesehatan, makanan asupan air putih sebaik mungkin untuk kelancaran ibadah Haji para jamaah. Tak lupa, saya mengimbau kepada semua yang diberangkatkan untuk bisa melaksanakan rukun, wajib dan sunat haji serta menjauhi larangan haji,” ucap Dolly.

Bupati juga berpesan ke jamaah, supaya melaksanakan ibadah sesuai anjuran Rasulullah, agar Hajinya menjadi Haji yang mabrur dan Hajjah mabruroh. Ia juga menitip do’a ke jamaah Haji, agar Tapsel tetap dilindungi Allah SWT, makin maju, sehat, cerdas, dan sejahtera.

Bupati memerintahkan pemerintah Tapsel setiap lapisan kecamatan, desa dan kelurahan bersama warga menjaga keamanan dan kenyamanan keluarga jama’ah yang ditinggalkan di Tapanuli Selatan.

Nurhabibah, jamaah asal Kecamatan Sayur Matinggi, mengucapkan terima kasih pada Pemkab Tapsel karena telah mendukung penuh kesuksesan pemberangkatan Calhaj tahun 2023 ini.

Di sisi lain, Darwin Siregar, jamaah asal Kecamatan Angkola Timur dan Reski Padly Siregar, asal Kecamatan SDH, sangat mengapresiasi Pemkab Tapsel sebagai penanggung jawab bagi daerahnya itu.

“Pertama bersyukur kepada Allah karena telah mengembalikan kondisi seperti biasanya, pasca pandemi. Kedua, kami juga berterimakasih pada Pemkab Tapsel yang telah menyelenggarakan dengan baik. Apalagi kami didampingi sampai Kuala Namu. Semoga, Haji tahun ini sukses,” ujar mereka kompak mengaminkan.

Turut hadir Forkopimda Tapsel, para Pimpinan OPD, para Camat, Lurah/Kepala Desa se-Tapsel, OKP, Ormas Kemasyarakatan, Ormas Islam dan ribuan masyarakat terlihat ikut menghantar para jamaah. (Prokopim Tapsel). |||SR