Bupati Harap Batang Toru Jadi Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara

0
240

TAPANULI SELATAN | BERITA A1

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Pasaribu, berharap agar kiranya Batang Toru bisa menjadi kecamatan terbaik di tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Dengan masuknya Batang Toru sebagai 6 besar kecamatan terbaik saat ini, ia berharap bisa memperoleh hasil akhir jadi juara satu.

Iklan
Iklan

“Alasan kami memilih Batang Toru sebagai Kecamatan Terbaik Kabupaten Tapanuli Selatan adalah bahwa Camat bekerja sama dengan Forkopimcam dan membawa masyarakat untuk mengatasi beberapa permasalahan yang ada di kecamatan seperti Stop BABS, Stunting, mengelola sampah dan digitalisasi desa serta kelurahan. Sehingga kami dengan percaya diri mengajukan sebagai perwakilan Tapanuli Selatan di tingkat Provinsi,” ujar Bupati optimis saat penilaian kecamatan terbaik tingkat Provsu kategori Kabupaten tahap final tahun 2022 di Kantor Camat Batang Toru, Senin (14/11).

Menurut Bupati, masuknya Batang Toru di posisi 6 besar dari 450-an kecamatan se-Sumatera Utara yang ikut serta pada penilaian tersebut, patut diapresiasi dan disyukuri. Menurut Bupati lagi, hal tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Batang Toru umumnya Kabupaten Tapsel.

“Mari sama-sama kita doakan semoga Batang Toru menjadi juaranya, kepada kecamatan lain kami ajak juga berbenah untuk nantinya dipilih sebagai Kecamatan Terbaik di tahun mendatang,” ajak Bupati.

Bupati yang disambut hangat dan diulosi oleh Tokoh setempat itu juga menyinggung terkait situasi sulit yang mendera bangsa Indonesia pada dua tahun belakangan saat pandemi Covid-19 melanda. Pengaruh dari Covid-19, lanjutnya juga mempengaruhi segala sektor.

“Tak terkecuali dengan Kecamatan Batang Toru yang tentunya di masa itu memiliki masalah tersendiri. Akan tetapi dengan kekompakan serta kerja sama yang baik, semua itu dapat diselesaikan,” jelasnya.

Lanjut Bupati, kebiasaan lama masyarakat Batang Toru buang air besar sembarangan maupun persoalan sampah. Namun kini, berkat kerja sama unsur Forkopimcam, masyarakat, serta pemangku kepentingan lainnya, Kecamatan Batang Toru 100 persen sudah bebas dari buang air sembarangan.

“Begitu juga dengan sampah, terlihat sudah mulai dimanfaatkan masyarakat, bahkan bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah,” katanya.

Situasi perkembangan teknologi yang harus diakui juga membawa dampak baik. Dengan adanya peralihan ke dunia digital yang diterapkan Pemerintah Kecamatan Batang Toru, saat ini pelayanan terhadap masyarakat sudah sangat jauh lebih baik. Nantinya, semua itu akan memberikan kemudahan terhadap masyarakat yang ada di desa dan kelurahan.

“Di bidang pertanian juga memiliki terobosan baru, misalnya dalam menanam padi dan jagung organik, sehingga mengurangi penggunaan zat kimia. Sehingga kami tegaskan, Kecamatan Batang Toru layak menjadi perwakilan Tapsel untuk meraih kecamatan terbaik di tingkat Provinsi Sumatera Utara,” pungkasnya.

Sementara Camat Batang Toru, Mara Tinggi dalam eksposenya menyampaikan bahwa Kecamatan Batang Toru selama ini memberi dukungan penuh pada visi misi Tapsel, yakni menjadikan masyarakat lebih sehat, cerdas, dan sejahtera. Cerdas yang dimaksud yaitu di bidang pemerintahan dengan mengadakan pembinaan aparatur desa setiap bulannya.

Dari segi kesehatan, sambungnya, Pemkab Tapsel juga memberikan dukungan dengan mendatangkan dokter spesialis untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tanpa dipungut biaya alias gratis. Pihaknya juga membuat Kebun percontohan, yang tujuannya mengajak masyarakat dalam peningkatan ketahanan pangan di tengah kenaikan harga BBM.

“Juga gotong-royong benah rumah bersama masyarakat, Forkopimcam, serta aparat desa,” tuturnya.

Di sisi lain, Ketua TP PKK Kecamatan Batang Toru Ny Diana Mara Tinggi bahwa yang akan disampaikan terkait evaluasi yang sudah dilaksanakan tim sebelumnya. Yang mana 10 program PKK sudah diterapkan di Kecamatan Batang Toru, baik penghayatan dan pengamalan pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tatalaksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan kesehatan.

Sedangkan Tokoh Masyarakat Kecamatan Batang Toru Baginda Parlaungan Siagian mengatakan bahwa banyak kegiatan dan pembangunan yang sudah di laksanakan dan dibangun di Kecamatan Batang Toru. Sehingga pembangunan tersebut dapat memberikan kemajuan yang sangat baik, dan kesejahteraan masyarakatpun semakin meningkat.

Adapun rombongan Tim Penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara, diketuai Ervan Gani Siahaan dari Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Doni Koto dari Satpol PP Provinsi Sumut, Liga Daulay dari Dinas PMD Provinsi Sumut dan Desy Delius dari Kesbangpol Provinsi Sumut.

Turut hadir, Anggota DPRD Tapsel, para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD Ketua TP. PKK Tapsel, Ketua DWP Tapsel, Kepala Bagian, Camat se-Tapsel, PT. AR, Forkopimcam, Ketua TP PKK kecamatan se-Tapsel, para Lurah/Kepala Desa se Kecamatan Batang Toru, TP. PKK Desa dan Kelurahan Batang Toru, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, dan Para Kader. (SR)

Sumber : Humas Tapsel