Bupati Tapsel Ajak Seluruh Kader KNPI Untuk Bentuk Koperasi Yang Produktif Dengan Pola Usaha Yang Transparan

0
76

TAPANULI SELATAN | BERITA A1

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu mengajak kepada seluruh kader Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) untuk dapat membentuk koperasi yang produktif dengan pola usaha yang transparan.

Iklan
Dicari

Hal itu disampaikan Bupati Dolly saat membuka pelatihan manajemen koperasi pemuda sekaligus pembentukan koperasi pemuda DPD KNPI Tapsel dengan tema, “Menggali Potensi SDM Pemuda Tapanuli Selatan, Wujudkan Visi Activistpreneur” di Aula Yayasan Haji Soman Daulay, Desa Pudun Jae, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Kota Padangsidimpuan pada Jumat (9/6).

Dalam sambutannya, Dolly menyampaikan, untuk membentuk koperasi yang produktif harus dengan pola usaha yang transparan sehingga masyarakat dapat bergabung, dan koperasi tidak hanya sifatnya simpan pinjam namun sudah lebih fokus pada bisnis tertentu, kekuatan koperasi itu nantinya sangat mempengaruhi keuangan organisasi,

Lebih lanjut Dolly mengatakan sebelum saya menjadi Bupati Tapsel, saya pernah bekerja di Bank Umum Koperasi Indonesia atau dikenal dengan Bank Bukopin, sehingga saya sangat memahami kerja koperasi.

“Rekan-rekan sekalian, pada umumnya koperasi itu terbentuk karena kesamaan visi dan keinginan untuk bangkit dan maju bersama. Seringkali potensi perseorangan itu terhimpun, sehingga menjadi posisi tawar dalam menghadapi persoalan ekonomi yang ada.

Oleh karena itu, saya berharap agar KNPI di kecamatan mampu membuat inovasi seperti koperasi ini, agar kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi anak muda lainnya, bisa dibiayai melalui koperasi, harap Dolly.

Selanjutnya Dolly mengucapkan selamat dan sukses atas terlaksananya kegiatan tersebut, semoga para peserta dapat mengambil ilmunya untuk dibawa pulang lalu dikembangkan, harapnya.

Tomi salah satu peserta utusan organisasi mahasiswa daerah mengatakan, selain menjadi undangan mereka diberi kesempatan oleh panitia menjadi peserta pelatihan.

“Sebelumnya kami ucapkan terimakasih kepada panitia yang memberikan kesempatan mengikuti pelatihan ini, kegiatannya sangat bermanfaat, dan menginspirasi para pemuda untuk berkarya,” ujarnya.

Disisi lain, Takwa selaku pengurus KNPI Kecamatan Sayur Matinggi sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. “Dimana kedekatan Pak Bupati kepada ormas sangat dirasakan, termasuk dalam kegiatan-kegiatan mendukung kepemudaan seperti pelatihan koperasi hari ini,” ungkapnya.

Sementara, Umar Halomoan salah satu peserta, juga mengatakan setelah pelatihan ia berkomitmen akan membawa ilmunya kepada kawan-kawan di organisasinya.

“Saya sangat tertarik dengan kegiatan ini, karena kegiatan ini sangat baik untuk dibawa ke organisasi kami, saya akan fokus dan berharap nantinya kawan-kawan suka, dan semangat untuk menjalankan koperasinya,” ujar Umar.

Pelatihan tersebut dihadiri puluhan pengurus KNPI Kecamatan, dan beberapa Organisasi Mahasiswa Daerah. (Prokopim Tapsel). |||SR