Bupati Tapsel Resmi Menutup Bimtek IV Penyusunan Master Plan Smart City

0
19

TAPANULI SELATAN | BERITA A1

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Dolly Pasaribu, SPt, MM, secara resmi menutup bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan master plan smart city. Usai menutup, Bupati menerima dokumen masterplan smart city Kabupaten Tapanuli Selatan hasil dari Bimtek tahap 1, 2, 3 dan 4 yakni Analisis Strategi Smart City Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan, program unggulan, arah pembangunan smart city daerah Tapanuli Selatan, strategi pembangunan smart city, rencana aksi smart city daerah Tapanuli Selatan, peta jalan smart city daerah Kabupaten Tapanuli Selatan, executive summary dan quick win.

“Kita juga memiliki program lanjutan agar program ini menjadi lebih sempurna serta lebih baik yang pada akhirnya pelayanan masyarakat juga akan semakin baik,” ujar Bupati dalam acara bimbingan teknis (Bimtek) IV penyusunan master plan kota cerdas (smart city) Pemerintah Kabupaten Tapsel di Aula Sarasi, Lantai III, Kantor Bupati setempat, Selasa (6/9).

Iklan
Berita A1

Bupati Dolly menjelaskan, adapun program unggulan dan rencana aksi di Tapsel ditinjau dari 6 dimensi, yakni smart government, smart branding, smart economy, smart living, smart society dan smart environment. Bupati juga mengapresiasi Kementerian Kominfo yang sudah menfasilitasi dan memilih Pemkab Tapsel menjadi salah satu pembinaan Gerakan menuju smart city di Indonesia.

Bupati juga mengatakan bahwa Bimtek tahap 4 guna membahas kelanjutan terkait dengan tahap-tahap sebelumnya. Bimtek tahap 4 ini membahas pemaparan review dan progres yang berkaitan dengan program dan aksi serta kelanjutan rencana kerja, baik pendek, menengah, dan panjang serta program quick win.

“Melalui konsep smart city diharap dapat memberikan pelayanan lebih cepat yang berdampak kepada masyarakat,” imbuh Bupati.

Menurut Bupati, teknologi bukan semata-mata milik perorangan, melainkan dapat diakses di pedesaan, sehingga dapat meningkatkan produktivitas daerah juga daya saing ekonomi. Dia berharap Bimtek tersebut, dapat menciptakan integrasi, sinkronisasi, dan sinergi, antara perencanaan pengembangan smart city di tingkat pusat dan daerah.

“Supaya bisa mendorong proses pengembangan smart city yang efektif, efisien, inklusif, dan partisipasif,” ungkap Bupati.

Kata Bupati, tujuan smart city adalah agar Pemkab Tapsel bisa menyusun master plan yang memaksimalkan dan memanfaatkan teknologi dalam proses pembangunan ke depan. Konsepnya diharap menciptakan masyarakat yang semakin meningkat, begitu juga bangunan, dan lingkungan semakin efisien dan efektif.

Seperti halnya penghematan energi yang dilakukan masyarakat sehingga masyarakat bisa memanfaatkan energi baru terbarukan. Di sisi lain, Bupati menyampaikan bagaimana perkembangan teknologi sangat pesat sejak personal komputer tahun 1990, lalu berkembang dengan hadirnya revolusi teknologi industri 4.0 pada tahun 2010, dimana dunia terbagi dua, yakni nyata dan maya.

“Dunia yang semakin digital, sehingga kita menghimpun potensi-potensi yang ada yang di kumpulkan dari proses digitalisasi. Sehingga siapa yang memiliki potensi bisa mendukung serta menyokong Pemkab Tapsel yang menjadi harapan kami,” tutur Bupati.

Sebelumnya Tim Ahli Penyusunan Masterplan Smart City Tapsel Wikan Danar Sunindyo menyampaikan, bahwa ini menjadi langkah awal untuk mewujudkan masa depan Tapsel yang lebih sehat, cerdas dan sejahtera. Itu semua bisa terwujud berkat dukungan dari semua pihak, dalam menyelesaikan masterplan smart city daerah Kabupaten Tapanuli Selatan

“Banyak hal serta program yang perlu kita kembangkan dan perbaiki, karena tidak ada yang sempurna kita semua masih dalam proses belajar. Ini bukan akhir tetapi awal dari melangkah Tapsel yang smart. Serta buka yang sudah kita susun nanti akan menjadi panduan, arah pembangunan di Tapsel agar lebih terarah dan teratur. Kita juga akan melaksanakan monitoring serta evaluasi kedepan. Sehingga apa yang sudah kita kerjakan ini bisa berguna untuk generasi kedepan,” jelasnya.

Selanjutnya kegiatan dirangkai dengan penandatanganan komitmen bersama pelaksanaan pembangunan smart city Pemerintahan Kabupaten Tapsel tahun 2022 yang di awali Bupati Tapsel dan di lanjutkan pimpinan OPD, Camat, Rektor UGN Padang Sidempuan, Kepala Kantor PT. Telkom Padang Sidempuan, Manajer Unit Layanan Pelanggan PT. PLN (Persero) Sipirok dan Pimpinan Cabang PT. Bank Sumut Sipirok.

Adapun Narasumber pada Bimtek IV penyusunan master plan kota cerdas (smart city) Pemkab Tapsel Tim Ahli Penyusunan Masterplan Smart City yakni Wikan Danar Sunindyo, Wiwin Sulistyo, dan Nofandi Surya. Dihadiri pimpinan OPD, Kepala Bagian, Camat se-Tapsel, Rektor UGN, Pimpinan Bank Sumut Cabang Sipirok, Kepala Kantor PT. Telkom Padang Sidempuan, Manajer Unit Layanan Pelanggan PT. PLN (Persero) Sipirok. (SR)

Sumber : Humas Tapsel