Ciptakan Kecerdasan Buatan pada Mobil, SMK Trisakti Menjadi SMK Terbaik di Pematang Siantar

0
914

PEMATANG SIANTAR | BERITA A1

SMK Trisakti dan Tridarma Pematang Siantar yang beralamat di Jl. Pdt. J. Wismar Saragih, No. 66 Kota Pematang Siantar kini membuat tercengang kalangan akademisi, bahkan beberapa Kepala Dinas di Kota Pematang Siantar, Kabupaten Simalungun bahkan pejabat di Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia memberikan apresiasi atas karya yang diciptakan sekolah tersebut. Hal tersebut dikarenakan beberapa saat yang lalu beredar video di media sosial yang memperlihatkan sebuah robot dengan kecerdasan buatan yang ditanamkan pada mesin kendaraan roda 4 (mobil), sehingga mobil tersebut mampu berbicara dengan manusia. Selama ini kita hanya melihat dalam film Iron Man dimana ada robot dengan kecerdasan buatan yang selalu berbicara membantu Iron Man tersebut yaitu Jarvis, namun teknologi tersebut kini sudah ada di Kota Pematang Siantar yang merupakan karya SMK Trisakti Pematang Siantar.

Iklan
Iklan

Henry yang telah puluhan tahun sebagai pelaku usaha bidang Informasi dan Teknologi mengatakan “terus terang saya belum pernah melihat teknologi seperti ini, dimana ada mobil yang dapat berbicara kepada manusia, yang saya tahu kendaraan jenis baru saat ini hanya mengikuti perintah suara saja seperti membuka pintu dengan perintah suara atau memutar musik dengan perintah suara, namun ini kelewat kreatif, masa ada mobil ngomong-nomong sama penumpangnya, saya juga sudah cari di internet cara pembuatannya bagaimana, gak ketemu bang, SMK Trisakti ini pasti yang terbaik. “imbuhnya sambil tertawa”.

Dikonfirmasi kepada Apul Sihombing guru yang mengajarkan pembuatan otak buatan tersebut pada jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Apul mengatakan bahwa robot tersebut merupakan karya terbaik siswa-siswi TKJ, karena bahan-bahan yang digunakan terbuat dari limbah komputer dan beberapa mikrokontroler yang digabungkan dengan mesin kendaran.

“Kita telah melatih siswa-siswi disini untuk mampu bersaing di era industri 5.0 yang mana memanfaatkan teknologi IoT untuk menggabungkan kecerdasan buatan dengan pikiran manusia, sehingga mereka mampu menjadi pelaku dan bukan menjadi sekedar penonton pada kemajuan jaman tersebut. Imbuhnya”

Peragaan Kecerasan Buatan Pada Mobil di halaman sekolah SMK Trisakti dan Tridarma Pematang Siantar.

Ditanya lebih lanjut kemampuan yang dimiliki mobil yang telah memiliki kecerdasan buatan tersebut Apul Sihombing mengatakan bahwa kemampuan robot degan Artificial Iteligent (kecerdasan buatan) yang kami tanamkan pada mobil ini, dapat membantu memberikan solusi dalam perjalanan, apabila dalam perjalanan akan turun hujan, maka mobil yang dikoneksikan dengan server BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) memberitahukan kepada pengemudi segala sesuatu yang perlu diperhatikan pada saat hujan. Kemudiaan Apul menjelaskan mobil tersebut akan mengajak pengemudi maupun penumpang yang berada di dalam mobil untuk berbincang-bincang, hal tersebut dapat mencegah pengemudi ngantuk. Tidak hanya itu, mobil tersebut juga mampu memperingatkan kepada penumpang yang mabuk perjalan dan memberikan solusi untuk mengatasi mabuk perjalan tersebut, hal tersebut dikarenakan otak buatan tersebut telah di koneksikan dengan server obat-obatan farmasi. Dari segi keamanan mobil tersebut dapat menjadi alarm ketika ada orang yang akan berbuat jahat, mobil tersebut akan meminta password, jika password tersebut salah diucapkan maka alaram akan berbunyi. Masih banyak lagi kemampuan mobil tersebut kalau kita ceritakan bisa gak habis-habis bang, “Kata Apul sambil tersenyum”.

Sintia Samosir yang juga mengajar pada jurusan TKJ tersebut mengatakan bahwa kemampuan otak buatan tersebut juga mampu memberitahukan jenis obat yang digunakan untuk penyakit, saat ini di dalam data basenya terdapat 200 lebih jenis penyakit dan obat untuk penyembuhannya, namun semuanya itu perlu untuk dikonsultasikan terlebih dahulu terhadap dokter spesialinya.

Video saat mobil berinteraksi dengan manusia (diperagakan guru)

Dikonfirmasi kepada Koordinator YP. Trisakti dan Tridarma (Indra Saragih, S.E., M.S.M.) beliau mengatakan ” kita memang menargetkan agar siswa-siswi di Trisakti dan Tridarma mampu menciptakan sesuatu dalam bentuk kreatifitas siswa. Hal tersebut untuk memancing minat dan kreativitas siswa dalam mempersiapkan lulusan yang siap pakai dan mampu bersaing diketatnya persaingan dunia kerja saat ini. Era Industri 5.0 membutuhkan ilmu pengetahuan yang mumpuni, kita tidak mau lulusan kita tidak bisa berbuat apa-apa pada masa ini, itulah sebabnya kita selalu berupaya agar siswa-i disini dapat mengembangkan ilmu pengetahuannya. Memang memutuhkan proses namun untuk hasil yang maksimal kita harus tetap berusaha dan terus berusaha”.

Ketika ditanyakan kepada Kepala Sekolah Trisakti (Riandi Sinaga, S.Pd.,M.Pd.) kapan YP. Trisakti dan Tridarma akan melakukan penerimaan siswa baru, beliau mengatakan bahwa saat ini kita sudah mulai melaksanakan promosi ke berbagai sekolah untuk merekrut siswa-siswi baru pada tahun ajaran yang akan datang. Kita buka 2 gelombang yaitu Gelombang I dibuka 01 April – 10 Mei 2023, dan gelombang II dibuka 13 Mei – 13 Juli 2023, dan pendaftar yang mendaftar pada gelombang I akan diberikan hadiah berupa gratis uang SPP satu bulan, gratis tas sekolah, gratis buku tulis dan pulpen, dan gratis baju batik sekolah (Gelombang I dan II), dan bagi siswa-siswi yang berasal dari luar kota kita juga persiapkan mess siswa yang dipantau dan terkontrol, jadi orangtuanya tidak perlu khawatir dengan kondisi putra-putrinya. “Imbuhnya.”

Selanjutnya Riandi mengatakan bagi peserta didik baru dapat langsung datang ke sekolah Trisakti dan Tridarma di jalan Pdt. J. Wismar Saragih No. 66 Kota Pematang Siantar atau dengan link yang terdapat pada brosur kita. (Nai)