Gudang Botot Nyaris Rata Dengan Tanah, Warga Kompak Kuras Kolam untuk Padamkan Api

0
135

SIMALUNGUN | BERITA A1

Sebuah gudang tempat penyimpanan barang bekas (Botot, red) nyaris rata dengan tanah akibat kebakaran. Beruntung, kejadian tersebut cepat diketahui warga dan alhasil warga secara bahu membahu memadamkan api hingga menunggu mobil pemadam kebakaran tiba.

Iklan
Iklan

Kejadian itu terjadi bermula saat gudang yang berada di Nagori Silulu, Kecamatan Gunung Malela, Kabupaten Simalungun, tiba-tiba terlihat kepulan asap dari dalam gudang. Selain asap, warga juga melihat cahaya kemerahan dari dalam gudang. Warga yang mengetahui hal itu langsung memberitahukan hal tersebut kepada warga lainnya dan pemilik gudang.

Tak butuh lama, pintu gudang yang terbuat dari besi itu dibuka dan terlihat kobaran api mulai membakar kardus bekas serta plastik yang berada di dalam gudang. Dengan alat seadanya dan mengambil air dari kolam ikan, warga mulai memadamkan api. Secara serentak warga bahu membahu memadamkan api.

Karena api membakar material yang mudah terbakar, akhirnya warga meminta bantuan Pemadan Kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Simalungun. Berselang 1 jam sejak diketahui adanya api, 1 unit damkar milik BPBD Kabupaten Simalungun tiba di lokasi dan langsung melakukan pemadaman.

“Tadi pas habis Magrib ketahuannya. Katanya ada yang bakar sampah di samping gudang. Mungkin apinya dari situ merembet ke dalam,” kata warga, Jumat (08/09/2023) saat di lokasi kejadian.

Karianto, Pangulu Nagori Silulu mengatakan bahwa pada pukul 20.30 WIB api berhasil dipadamkan. Dan, masih ada beberapa pekerja yang berjaga untuk memastikan tak ada lagi api yang menyala. “Sudah padam bang, itu masih ada anggota gudang yang memindahkan barang,” katanya. (DN)