Hujan Lebat, Sidempuan Direndam Banjir, Pemko Gercep

0
113

PADANG SIDEMPUAN | BERITA A1

Hujan lebat mengguyur Kota Padang Sidempuan sejak pukul 16:00 pada Minggu (19/2/2023) mengakibatkan banjir dan genangan air di sejumlah pemukiman penduduk.

Iklan
Iklan

Guna menghindari hal-hal yang tidak diingini, Pemko Padang Sidempuan bergerak cepat (Gercep) turun ke lokasi banjir. Membantu melancarkan saluran air agar genangan dipemukiman penduduk cepat surut.

“Alhamdulillah, air sudah surut. Kami bersama tim BPBD, Satpol PP, Dinas Sosial, kecamatan, kelurahan dan desa sejak awal kejadian sudah di lokasi,” terang Wali Kota Irsan Efendi Nasution lewat sambungan telepon.

Dijelaskannya, hujan lebat yang tiba-tiba mengguyur wilayah Kota Padang Sidempuan telah mengakibatkan banjir dan genangan air di sejumlah pemukiman warga.

Begitu menerima informasi tersebut, Wali Kota langsung turun ke lokasi-lokasi yang banjir. Sembari mengerahkan ‘pasukan’ membantu melancarkan saluran air guna mengurai genangan.

Seperti di Komplek Kasmiah, Sidempuan Baru, Kelurahan Silandit, Kecamatan P.Sidempuan Selatan. Tim Pemko Padang Sidempuan bergerak cepat sehingga genangan air bisa terurai dan surut dalam waktu yang tidak lama.

Di lokasi ini, petugas dari BPBD, Dinas Sosial, pihak kecamatan dan kelurahan bergotongroyong membantu membersihkan rumah warga yang sempat tergenang air.

Di Desa Goti dan Manengen, Kecamatan Padang Sidempuan Tenggara, banjir menggenangi rumah warga di sekitar paret dan air meluap ke Jalinsum.

Sudah puluhan tahun hal ini selalu terjadi setiap hujan lebat mengguyur wilayah itu. Masyarakat sudah terbiasa dengan kejadian seperti ini dan sudah memaklumi apa penyebabnya.

Dua saluran paret yang mengalirkan air deras dan besar bertemu di jembatan Jalinsum Desa Goti. Kolong jembatan terlalu kecil dan sering sumbat.

Di lokasi ‘langganan’ banjir ini terlihat puluhan petugas gabungan dari Pemko Padang Sidempuan membantu membersihkan saluran bawah jembatan yang selalu menjadi penyebab air meluap ke Jalinsum dan pemukiman penduduk.

“Alhamdulillah, banjir sudah terkendali dan genangan air sudah surut. Tim kita juga sedang bekerja di lapangan, membantu membersihan bekas genangan air di rumah penduduk,” jelas Wali Kota Padang Sidempuan.

Kepada masyarakat di lokasi-lokasi yang rawan banjir dan yang sering terjadi genangan saat hujan lebat, dihimbau agar selalu waspada.

Paling utama, jangan buang sampah ke saluran air dan bantu bersihkan rumput serta semak yang menutupi saluran air di sekitar pekarangan rumah masing-masing. “Tambahnya”.

Keterangan Gambar

Tim terpadu Padang Sidempuan bergerak cepat membantu melancarkan saluran air dan mengurai genangan yang sempat merendam rumah penduduk. |||SR