Kapolres Tinjau Titik Api di Hutan Perbukitan Haranggaol Horison, Bupati Kerahkan Damkar

0
78

SIMALUNGUN | BERITA A1

Kapolres Simalungun, AKBP Ronald FC Sipayung bersama Dandim 0207/Sml Letkol Inf Hadrianus Yossy dan Bupati Simalungun, Radiapoh Sinaga melakukan pemantauan secara langsung titik api di hutan perbukitan Kecamatan Haranggaol Horison, Kabupaten Simalungun, Kamis (03/08/2023) sore.

Iklan
Iklan

Belum diketahui pasti berapa luas lahan yang terbakar, untuk mengantipasi kebakaran semakin meluas Pemkab Simalungun mengerahkan pemadam kebakaran untuk melakukan pemadaman dan tetap standby untuk memastikan kebakaran lahan tak meluas.

AKBP Ronald FC Sipayung menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak melakukan pembakaran saat membersihkan lahan atau membuka lahan. Terlebih saat ini sedang terjadi kemarau. “Kita himbau agar masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan. Membakar lahan dengan sengaja dapat dipidana, selain itu di musim kemarau saat ini sebaiknya tidak melakukan pembakaran lahan yang dapat mengakibatkan kerugian besar,” kata orang nomor satu di kepolisian Kabupaten Simalungun ini.

Terpisah, personel Sat Binmas Polres Simalungun juga melakukan kordinasi dengan DA OPS Manggala Agni Sumatera II. Kegiatan ini dilakukan sebagai tindakan preventif dalam menghadapi musim kemarau yang rawan akan kebakaran hutan. Di Kantor DA OPS Manggala Agni Sumatera II yang berlokasi di Jalan umum Pematang Siantar-Parapat KM 17, Nagori Sibaganding, Kecamatan Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sat Binmas meminta kepada pihak DA OPS Manggala Agni Sumatera II agar selalu berkoordinasi bila menemukan hot spot (titik api) di kawasan hutan.

Ipda H Manurung, Kanit Bhabinkamtibmas melakukan himbauan kepada masyarakat yang ada di sekitaran hutan agar tidak melakukan pembakaran lahan dan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait bila menemukan adanya titik api. (DN)