Berita A1
Saturday, June 15, 2024
Berita A1
More
    Home Pendidikan Ketua MPR RI "H. Bambang Soesatyo" dan Robot Karya SMK Trisakti Pematangsiantar...

    Ketua MPR RI “H. Bambang Soesatyo” dan Robot Karya SMK Trisakti Pematangsiantar Tampil pada Acara Peresmian Turnamen Robotik 2024 di Jakarta.

    JAKARTA | BERITA A1

    Ketua Dewan Pembina Persatuan Robotika Seluruh Indonesia (PRSI) Bambang Soesatyo mengapresiasi gelaran Kejuaraan Nasional Turnamen Robotika Indonesia 2024 Piala Ketua MPR di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Berlangsung pada 17 Mei hingga 19 Mei 2024, turnamen ini diikuti lebih dari 400 robot dari seluruh Indonesia.

    - Sekilas Info -
    Dicari

    “Penyelenggaraan turnamen robotik ini dapat menjadi pintu masuk bagi lahirnya inovasi. Tidak jarang, berbagai penyelenggaraan turnamen robotik berkontribusi pada lahirnya inovasi-inovasi baru yang sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Jumat (17/5/2024).

    Pada acara pembukaan turnamen ini ada 2 robot yang dipamerkan panitia di depan seluruh peserta yaitu robot Humanoid dengan kecerdasan buatan yang bernama CIA (Cerebro Intelligence Artificial) karya Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Trisakti Kota Pematangsiantar dan Robot Alpha dari perusahaan UBTECH yang berasal dari Shenzhen-China.

    Setelah Bamsoet meresmikan turnamen, robot besutan anak Siantar ini mempertunjukkan kemampuannya yang diawali dengan mengucapkan kata sambutan sekaligus perkenalan dengan seluruh peserta, kemudian robot CIA menunjukkan kemampuannya dengan berinteraksi dengan beberapa nama tamu VIP yang hadir pada saat itu.

    Menurut guru pembimbing ( Apul Sihombing ) di TKJ SMK Trisakti bahwa robot CIA tersebut memang sudah dibekali beberapa kemampuan untuk berinteraksi dengan manusia dan sangat menguasai beberapa hal diantaranya mampu mengetahui gejala penyakit dan obatnya, kemampuan matematika, kemampuan membuat keputusan, memiliki emosional, mampu meramal nasib seseorang berdasarkan algoritma Weton Primbon Jawa, bahkan mampu memperbaiki kesalahan manusia.

    Sementara itu koordinator YP. Trisakti dan Tridarma (Indra Saragih, S.E.,MSM) mengatakan suatu kebanggan bagi kami menerima undangan dari panitia PRSI (Persatuan Robotik Seluruh Indonesia) untuk menampilkan kemampuan robot yang dibuat oleh guru dan siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), dan undangan kita terima dua minggu sebelum hari H, sehingga kita masih sempat mempersiapkan segala sesuatunya untuk menghadiri undangan tersebut. Jadi kita mengirimkan 5 orang tim yang berangkat pada acara tersebut yaitu 2 orang siswa yang bernama Kibra Sidabutar dan Marvel Pangaribuan, Guru Pembimbing Robotik ( Apul Sihombing ), Kepala Sekolah (Riandi Sinaga) dan Koordinator Yayasan saya sendiri (Indra Saragih), Imbuhnya.

    Sementara Kepala Sekolah Trisakti (Riandi Sinaga, S.Pd.,M.Pd) menyampaikan bahwa sampai saat ini jurusan TKJ telah menciptakan 3 robot yaitu Robot CIA, Robot Pembersih Ruangan dan Robot Mobil. Kedepannya kita akan mengembangkan robot-robot yang benar-benar mampu membantu manusia.

    Sebagai informasi, turut hadir antara lain, Ketua Umum PRSI Wahyu Hidayat, Sekjen PRSI Dwi Nugroho Marsudianto, Direktur Aplikasi Permainan Televisi dan Radio Kemenkraf Iman Santosa, Kapuslitbang Polri Brigjen Pol Iswyoto Agoeng Lesmana Doeta, Kepala Pusat Jasmani dan Peraturan Militer Dasar (Kapusjaspermildas) TNI Brigjen TNI Machfud serta Plt. Dirjen Pendidikan Islam Abu Rokhmad. (Poels)

    RELATED ARTICLES
    - Advertisment -