Kolaborasi Lapas Klas IIA Siantar dengan TNI, Untuk Sukseskan Ketahanan Pangan

0
110

SIMALUNGUN | BERITA A1

Untuk menghindari krisis Pangan di Indonesia, Lapas Klas IIA Pematangsiantar kanwil Kemenkumham Sumut ikut ambil peran dalam program Ketahanan Pangan yang dilaksanakan oleh TNI AD dalam hal ini Korem 022 Pantai Timur dan Kodim 0207 Simalungun.

Iklan
Iklan

Dalam kegiatan ini Lapas Klas IIA Pematang Siantar membentuk kelompok tani yang terdiri dari 50 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang sudah melalui proses Assesment, Sidang TPP dan sudah memenuhi syarat secara Administratif dan Subtantif yakni pidana kriminal umum yang sedang dalam pengusulan program Asimilasi Rumah dan Integrasi (PB,CB dan CMB) yang dimana pihak keluarga juga turut menjamin WBP tersebut. Namun, pada saat pembukaan kegiatan Lapas hanya menghadirkan 24 orang WBP.

Pada saat Apel keberangkatan Kalapas M.Pithra Jaya Saragih yang didampingi Ka.KPLP Raymon Andika Girsang, Kasi Binadik Erwin Siregar serta Kasi Giatja H.Hutauruk memberikan penguatan kepada petugas yang mengawal dan memberikan pengarahan kepada 24 orang WBP yang mengikuti program tersebut sebelum berangkat ke lokasi ketahanan Pangan yang berada di Nagori Sitahoan, Kecamatan Girsang Sipanganan Bolon, Kabupaten Simalungun.

Kalapas memberi arahan agar WBP tidak melakukan tindakan yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban serta fokus dalam mempelajari teknik bertani yang nanti nya akan di sampaikan oleh kelompok tani lainnya dan menjadikan hal tersebut menjadi bekal ketika sudah bebas nantinya. Dan dapat di aplikasikan di lingkungan masyarakat dan mampu menambah pengetahuan dan kemandirian di bidang pertanian.

Kegiatan pembukaan yang dimulai Senin 27 Februari 2023 Pukul 11.30 WIB di lahan yang diperkirakan seluas 500 hektar. Turut hadir Pangdam I BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, Danrem 022-PT Kolonel Inf. Lukman Arief, Dandim 0207 Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy dan Kapolres Simalungun AKBP Ronald F C Sipayung dan Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldi beserta jajaran Pemerintah Daerah Simalungun (Forkopimda) serta tokoh adat simalungun.

Pangdam I BB menyapa dan memberi semangat kepada 24 orang WBP yang turut serta ambil bagian dalam kegiatan tersebut dan berharap agar kedepannya kegiatan ini bisa menjadikan para WBP menjadi manusia yang mandiri dan berpengetahuan dalam pertanian. “Dalam waktu dekat saudara akan bebas dan saudara sekalian masih ingin ikut serta kami masih menerima saudara untuk tetap berperan dalam program ketahanan pangan ini,” katanya. (DN)