Berita A1
Saturday, June 15, 2024
Berita A1
More
    Home Daerah Siantar-Simalungun Longsor di Durian Banggal, 2 Warga Tertimbun, Tim Sar & Polisi Lakukan...

    Longsor di Durian Banggal, 2 Warga Tertimbun, Tim Sar & Polisi Lakukan Pencarian

    SIMALUNGUN | BERITA A1

    Tim SAR dan Polres Simalungun melakukan pencarian terhadap 2 orang warga Huta I, Nagori Durian Baggal, Kecamatan Raya Kahean, Kabupaten Simalungun yang tertimbun lonsor pada Minggu (15/10/2023) di areal perbukitan Simarsolpah.

    - Sekilas Info -
    Dicari

    Dihari kedua pencarian, tim terfokus melakukan pencarian pada material lonsor dengan menggunakan alat berat dan tim gabungan dari Basarnas, TNI, Polri dan masyarakat setempat. Hingga Senin (16/10/2023) sore, 2 warga yang diyakini tertimbun lonsor belum ditemukan. Segala upaya telah dilakukan tim pencarian untuk menemukan korban.

    Diketahui, kedua korban yakni Ejan Sitanggang (38) dan Jelmin Saragih (56) warga Nagori Durian Banggal. Hingga kini belum diketahui pasti nasib keduanya, namun ada saksi yang menyatakan bahwa sebelumnya kedua warga tersebut tertimbun puing lonsoran dari perbukitan.

    Kapolres Simalungun, AKBP Ronald F.C Sipayung mengatakan pihaknya bersama tim telah melakukan pencarian semaksimal mungkin untuk menemukan dua warga yang tertimbun longsor.

    “Personel Polres Simalungun bersama tim gabungan yang meliputi TNI, Basarnas, BPBD Kabupaten dan Provinsi serta instansi terkait lainnya. Sampai saat ini, total personel yang terlibat di lokasi berjumlah 60 orang dengan alat berat 1 unit excavator. Proses evakuasi dilakukan cukup intensif, berupa penggalian dan penggeseran tanah dan batuan longsoran dari lokasi diduga korban hilang atau tertimpa longsor. Meskipun pencarian dilakukan secara maksimal dan sistematis, kondisi cuaca mendung dan sulitnya medan membuat proses evakuasi menjadi cukup berat,” katanya.

    Selain melakukan pencarian, Polres Simalungun juga mendatangi keluarga korban di kediamannya untuk tetap tabah dan berdoa agar proses pencarian dapat membuahkan hasil.

    Orang nomor satu di kepolisian
    Resort Simalungun ini meminta kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada saat melakukan pencarian mengingat kondisi medan yang curam serta mewaspadai curah hujan yang cukup tinggi. “Akan sangat berbahaya apabila pencarian tanpa ada komanda dari pihak yang berwenang,  sebaiknya lebih waspada dalam melakukan pencarian sehingga tidak membahayakan diri sendiri,” ucapnya. (DN)

    RELATED ARTICLES
    - Advertisment -