Luar Biasa Mario Dandy Bisa Buka Sendiri Borgol

0
358

JAKARTA | BERITA A1

Video yang memperlihatkan aksi tersangka penganiayaan Mario Dandy Satrio (20) dapat membuka borgol plastik viral di media sosial Twitter. Dalam unggahan akun Twitter @tolakbigotnkri, Mario Dandy bisa melepas dan memasang tali ties di tangannya saat duduk di sebuah sofa.

Iklan
Iklan

Ketua Harian Kompolnas, Benny Mamoto, menegaskan tidak etis jika tersangka dapat mandiri melepas pasang borgol. Seharusnya hal tersebut dilakukan oleh petugas.
 
“Ketentuannya semua tersangka harus petugas yang memasangkan, bukan memasang sendiri,” ujar Ketua Harian Kompolnas, Benny Mamoto, dalam tayangan Primetime News di Metro TV, Sabtu, 27 Mei 2023.

Berdasarkan keterangan polisi, video ini direkam saat Mario menunggu proses administrasi dari pihak Direktorat Perawatan Tahanan dan Barang Bukti (Dihttati) ke penyidik. Tepat sebelum cek kesehatan dan selanjutnya pelimpahan tahap II.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menyebutkan Trunoyudo memastikan peristiwa tersebut masih bertempat di dalam kawasan rumah tahanan (rutan) Polda Metro Jaya. Menurutnya, Mario masih di bawah pengawasan penyidik dan Direktorat Tahanan dan Barang Bukti.

“Pada saat pengurusan administrasi penyerahan tersangka dari Direktorat Tahanan dan Barang Bukti kepada penyidik. Namun dalam video, MDS dengan sendirinya tiba-tiba menggunakan kabel ties pada saat mengetahui adanya kamera,” ujar Kombes Pol Trunoyudo.

Keluarga David (Korban Penganiayaan) juga mengaku heran melihat aksi anak mantan pejabat pajak, Rafael Alun Trisambodo tersebut, bisa memborgol plastik sendiri.
“Keluarga heran, tapi tidak kaget atas perilaku spesial yang diperoleh tersangka penganiayaan berat ini,” ucap Paman David, Alto Luger kepada wartawan, Jumat (26/5/2023).
Lantaran video tersebut pihak keluarga Mario Dandy mulai meragukan kinerja polisi dalam mengusut kasus ini.