Pencuri Buku Pelajaran di SMP Swasta HKBP Tanah Jawa Berhasil Diringkus, Kerugian Mencapai Rp 22 Juta

0
129

SIMALUNGUN | BERITA A1

Unit Reskrim Polsekta Tanah Jawa berhasil mengungkap pelaku pencurian buku pelajaran di Sekolah Swasta SMP HKBP Tanah Jawa, Nagori Tanjung Pasir, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, Selasa (28/02/2023) lalu. Akibat kejadian tersebut, pihak yayasan mengalami kerugian hingga puluhan juta.

Iklan
Dicari

Kapolsekta Tanah Jawa, Kompol Manson Nainggolan mengatakan pelaku melakukan pencurian dengan cara masuk melalui gerbang dan merusak pintu sekolah. Kemudian, pelaku yang berjumlah 3 orang itu masuk ke dalam sekolah untuk mengambil buku pelajaran yang telah ditumpuk di salah satu ruangan kelas. “Pelaku berjumlah 3 orang, salah satu pelaku yakni DS (24) berhasil kita amankan kemarin di salah satu warung di Kecamatan Tanah Jawa. Dua pelaku lainnya masih kita kejar,” katanya, Jumat (03/03/2023) siang di kantornya.

Orang nomor satu di Kepolisian Sektor Tanah Jawa ini menambahkan, aksi para pelaku bukan hanya sekali saja. Dari keterangan pelaku, dalam melakukan aksinya para pelaku lebih dari satu kali melakukan pencurian di sekolah tersebut. Bahkan pelaku berhasil membawa 70 karung buku atau sekitar 587 eksemplar buku pelajaran di sekolah yang sudah tak beroperasi selama beberapa tahun belakangan ini.

Perwira 1 melati emas ini berkomitmen untuk memberantas tindak kejahatan di wilayah hukumnya. “Kita berkomitmen untuk memberantas tindak kejahatan di wilayah hukum Polsek Tanah Jawa, kita selalu sampaikan kepada masyarakat agar melapor kepada kita apabila menemukan tindak kejahatan,” tambahnya.

Sementara itu, DS mengakui bahwa dirinya hanya diajak temannya berinisial RD dan AP (DPO, red) untuk mencuri. Untuk melancarkan aksinya, DS yang merupakan warga Kelurahan Pematang Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun ini membawa sepeda motor untuk melangsir buku-buku tersebut untuk nantinya dijual. “Buku itu kami jual pak, uangnya ku pakai beli baju dan main judi, bukunya kami jual per kilo ke botot (barang bekas, red),” kata pelaku.

Pdt Patar S Napitupulu, pimpinan jemaat Gereja HKBP Tanah Jawa menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Kapolsekta Tanah Jawa atas pengungkapan kasus pencurian di bekas sekolah SMP Swasta HKBP Tanah Jawa. “Setelah kasus kami laporkan ke Polsek Tanah Jawa, Kapolsek merespon dengan cepat dan akhirnya pelaku berhasil ditangkap. Kami sangat berterimakasih atas keberhasilan dari kasus ini, kami hanya bisa mendoakan yang terbaik untuk Polri terkhusus Polsekta Tanah Jawa,” ucapnya. (DN)