Perolehan Suara Caleg Golkar Hilang di Bandar Masilam, Plano dengan C1 Tak Singkron

0
42
Perolehan Suara Caleg Golkar Hilang di Bandar Masilam, Plano dengan C1 Tak Singkron

SIMALUNGUN | BERITA A1

Perolehan suara calon legislatif mendadak hilang di salah satu TPS di Nagori Bandar Rejo, Kecamatan Bandar Masilam, Kabupaten Simalungun. Hal ini diketahui salah satu Timses salah satu kandidat saat mengsingkronkan perolehan suara hasil Plano dengan C1 Hasil. Diketahui sekitar 93 suara hilang dalam catatan C1 hasil yang dicatat petugas PPS.

Iklan
Iklan

Suyadi, Koordinator Wilayah Pemenangan Darma Putra Rangkuti mengatakan temuan ini jelas merugikan Partai Golkar terutama kandidatnya. “Kami mengetahui hal ini setelah kami melakukan pencocokan data. Kita temukan adanya perbedaan dimana dalam kertas plano kandidat Darma Putra Rangkuti memperoleh 66 suara, kandidat lainnya berpariasi sehingga total keseluruhan perolehan suara dari Caleg Partai Golkar 95 suara. Sayangnya yang dicatat petugas dalam C1 Hasil hanya 2 suara,” katanya.

Ia menambahkan, permasalahan ini kemungkinan juga terjadi di TPS lainnya dan ia berharap agar proses berjalannya Pleno Rekapitulasi di tingkat PPK atau kecamatan dapat berjalan dengan benar. “Besok (Sabtu 17 Februari, red) sudah memasuki pleno ditingkat kecamatan. Kita harap PPK bekerja secara profesional,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PPK Kecamatan Bandar Masilam, Jupriono mengatakan bahwa kesalahan tersebut diduga karena petugas KPPS sudah kelelahan mengingat perhitungan surat suara berlangsung hingga malam hari. “Klu salinan bisa aja salah, Mohon maaf atas ketidak nyamananny. Mungkin KPPS lelah, sehingga salah dalam menyalin,” tulisnya saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp.

Ia menambahkan persoalan ini akan diselesaikan saat pleno di tingkat kecamatan. “Klu gak selesai, y kita minta rekom panwas buka kotak biar kita hitung ulang. Mana tau planonya juga salah. Memang ada beberapa TPS salah dalam memindahkan atau menyalin,” tutupnya. (DN)