Ratusan Siswa SMK Tridarma Pematang Siantar Laksanakan “Capping Day”

0
207

PEMATANG SIANTAR | BERITA A1

Sebanyak 144 orang siswa/i SMK Tridarma Kota Pematang Siantar mengikuti “Capping Day” yang dilakasanakan di Gedung Balai Bolon GKPS Jl. Pdt. J Wismar Pematang Siantar pada hari Kamis (17/11/2022).

Iklan
Iklan

Seluruh siswa yang mengikuti Capping Day tersebut terdiri dari program studi Farmasi dan Keperawatan angkatan ke VIII dan ke IX T.A. 2022/2023.

Persiapan penyematan Capping pada 144 Siswa

Acara Capping Day SMK Tridarma kali ini mengambil tema “Mewujudkan Tenaga Kesehatan yang Unggul, Kompeten dan Berkarakter”.

Tampak hadir pada acara tersebut Mewakili Wali Kota Pematang Siantar Ibu dr. Erika Silitonga (Kadis Kesehatan Kota Pematang Siantar), Rony Reynaldo Situmorang (DPRD Provsu Fraksi Nasdem) dan R. Purba Pengawas SMK Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara.

Ketua Panita Eva J Purba Dalam sambutannya mengatakan prosesi tersebut merupakan tahapan yang harus dilewati oleh siswa keperawatan dan farmasi sebelum dilepas untuk menjalani Prakerin (Praktek Kerja Industri). Dalam hal ini mereka dipasangkan kap dan mengucapkan janji sebelum turun ke lapangan.

Ketua Panitia Eva J Purba Memberikan Kata Sambutan

Disamping itu Eva J. Purba memberikan arahan bagi siswa agar profesional dalam melaksanakan kegiatan praktik dan tetap memegang teguh sumpah dan janji yang diucapkan pada acara Capping Day ini.

Dalam pembacaan laporan kegiatan. Apt. Dra. Rosalina Bukit (Kepala Jurusan Farmasi) menyampaikan jumlah siswa/i yang mengikuti acara ini dan menjelaskan bahwa kegiatan Capping Day ini merupakan Pengambilan Sumpah serta Ucap Janji program keahlian Keperawatan dan Farmasi. Kemudian Beliau juga menceritakan sejarah Capping Day dan tujuan dilaksanakannya Capping Day ini.

Pembacaan Laporan Kegiatan oleh Apt. Dra. Rosalina Bukit (Kepala Jurusan Farmasi)

Mewakiili Wali Kota Pematang Siantar dr. Erika Silitonga dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada 144 siswa yang mengikuti Capping Day ini, beliau berharap agar seluruh siswa yang megikuti capping day ini dapat menjadi generasi penerus berbakti kepada Tanah Air.

dr. Erica Silitonga Mewakili Wali Kota Menyematkan Kep Kepada Siswa.

Dalam sambutannya Rony Reynaldo Situmorang (DPRD Provsu Fraksi Nasdem) menyampaikan agar tetap semangat dan menjadi tenaga kesehatan yang profesional dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, sessuai dengan tema “Mewujudkan Tenaga Kesehatan yang Unggul, Kompeten dan Berkarakter.”

Rony Reynaldo Situmorang (DPRD Provsu Fraksi Nasdem) menyematkan Kep kepada siswa.

Secara terpisah, Koordinator YP. Trisakti dan Tridarma Indra Saragih, S.E.,M.S.M. mengatakan bahwa beliau berharap siswa yang telah di angkat janji dan sumpahnya agar dapat menggunakan  tiga ranah belajar yang dimiliki dengan baik; yaitu ketrampilan kognitif, ketrampilan mengelola soft skill dan perasaan serta ketrampilan psikomotorik.

Moment pada saat siswa/i menemui orang tua mereka pasca penyematan cap dan pita.

Lebih lanjut Indra Saragih mengatakan apabila ketiga ranah belajar tersebut diintegrasikan dengan baik di tempat praktik maka siswa nantinya dapat menjadi perawat yang professional. “Saya juga menghimbau kepada siswa yang akan turun praktik klinik agar menerapkan sadar waktu dan sadar tempat serta membawa diri dengan baik dimanapun kalian berada,” imbuhnya. (Red)