Safari Ramadhan di Palopat Maria, Walikota: Menjaga Syiar Islam Adalah Tanggung Jawab Kita

0
94

PADANG SIDEMPUAN | BERITA A1

Pemerintah Kota (Pemko) Padang Sidempuan gelar Safari Ramadhan terakhir di Lingkungan III Kelurahan Palopat Maria Kec. Hutaimbaru, Selasa (11/04/2023).

Iklan
Iklan

Ini adalah safari ramadhan hari ke Enam setelah sebelumnya dilaksanakan di Kec. Padang Sidempuan Angkola Julu. Safari Ramadhan ini merupakan rangkaian acara Pemerintah Kota dalam rangka mempererat tali silaturahmi antara masyarakat dengan pemerintah.

Acara kali ini diawali dengan buka puasa bersama dengan warga setempat kemudian shalat maghrib, shalat isya, lalu dilanjutkan dengan shalat tarawih berjamaah di Masjid Al-Ikhlas Kelurahan Palopat Maria.

Dalam kesempatan ini Pemko Padang Sidempuan kembali memberikan tali asih stunting sebanyak 100 paket bantuan makanan tambahan untuk pencegahan stunting pada anak-anak.

Selain itu, Departemen Agama Kota Padang Sidempuan juga memberikan bantuan berupa Al-Qur’an kepada Masjid Al-Ikhlas dan Ikatan Keluarga Nasution juga turut serta memberikan bingkisan hadiah.

Walikota Padang Sidempuan, Irsan Efendi Nasution, SH., MM. menyebut safari ramadhan di Kelurahan Palopat Maria ini adalah yang terakhir untuk ramadhan 1444 H ini.

“Malam ini adalah putaran terakhir safari ramadhan pemerintah kota Padang Sidempuan, safari ramadhan ini dilaksanakan terus-menerus karena merupakan komitmen Pemerintah Kota dalam upaya mengembangkan syiar Islam, apalagi kita di Sidempuan ini 88% muslim, maka dari itu ini merupakan tanggung jawab kita untuk menjaga syiar Islam ini.” Sebut Walikota Padang Sidempuan dalam sambutannya.

Untuk diketahui, setiap tahun Pemerintah Kota Padangsidimpuan melaksanakan 4 kegiatan safari, yakni safari isra mi’raj, safari maulid nabi, safari tahun baru Islam dan safari ramadhan.

“Kami berkesempatan menyemarakkan hari-hari besar Islam di setiap Kecamatan 4 kali setahun. Kalau selama ini ada acara maulid nabi dilaksanakan, contohnya di gedung nasional, orang Palopat Maria tidak ada yang datang kesana, sekarang kamilah yang datang. Dan tahun ini gilirannya Palopat Maria, kami datang tujuannya yang pertama adalah mengembangkan syiar Islam dan menjalin silaturahmi.” Jelas Walikota.

“Dalam safari ramadhan ini sudah kita sampaikan bantuan untuk pencegahan stunting, kami berharap anak-anak kita yang usia 0 bulan sampai 5 tahun jangan terganggu perkembangannya. Kita juga berharap dan berdoa bersama agar kembali dipertemukan di ramadhan yang akan datang.” Tutup Walikota.

Darwis Nainggolan selaku tokoh masyarakat dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kedatangan rombongan Pemerintah Kota Padang Sidempuan ke Kelurahan Palopat Maria.

“Kami merasa gembira atas kedatangan orang nomor satu di kota ini, bapak Walikota Padang Sidempuan. Kami masih ingat bapak hadir dulu waktu peletakan batu pertama pembangunan masjid ini, banyak kerjasama yang terjalin diantara kita untuk sama-sama berjuang agar masjid ini terbangun.” Sebut Darwis Nainggolan.

“Atas kunjungan orang bapak ini, kami selaku masyarakat Palopat Maria berterima kasih, mudah-mudahan tercapai apa yang bapak cita-citakan, serta kesehatan dan rezeki yang berkah diberikan Allah Swt.” Lanjut Darwis.

Acara safari ramadhan tersebut ditutup dengan tausiah dan doa oleh Ustad Zainal Arifin Tampubolon.

Turut serta dalam kegiatan ini Wakil Walikota Padang Sidempuan, Sekda, Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD, Forkopimda, Camat, Tokoh Masyarakat dan para undangan lainnya. |||SR