Semarak HUT Kementerian BUMN, BRI Dukung UMKM dan Pasar Murah untuk Rakyat

0
112

SIANTAR | BERITA A1

Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank milik BUMN yang selalu memberikan kemudahan untuk membantu permodalan kepada masyarakat. Dalam rangka HUT Kementerian BUMN yang ke 25 tahun 2023 ini, BRI mengadakan bazar UMKM dan Pasar Rakyat Pematang Siantar di Lapangan Horbo, Jalan Farrel Pasaribu, Kota Siantar, Sabtu (25/02/2023).

Iklan
Iklan

Holding Ultra mikro (UMi) merupakan sinergi BRI sebagai induk bersama PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) untuk mewujudkan layanan keuangan yang lengkap, terintegrasi dan memenuhi kebutuhan pelaku usaha.

Untuk itu, dalam momentum HUT Kementerian BUMN ini, BRI bersama Penggadaian dan PMN terus melakukan pembiayaan terhadap pelaku UMKM dan Ultra Mikro dengan mengadakan pembiayaan terhadap pelaku usaha. Selain itu, kegiatan Pasar Rakyat juga diharapkan mampu meringankan beban ekonomi masyarakat di Kota Siantar serta menggalakkan pelaku UMKM agar mampu bersaing di tingkat yang lebih tinggi.

Erizal Ginting ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) mengatakan program digitalisasi adalah market yang baru, minat pembayaran masyarakat di Kota Siantar masih sistem offline. “Masih banyak masyarakat yang kurang faham dengan teknologi dan ini harus disupport oleh BUMN dan perbankan. Untuk pelaku UMKM harus sama-sama kita dukung marketnya, pengemasannya agar kedepannya jadi bisa menguasai pasarpasar dan pelaku UMKM bisa menjadi pengusaha sukses,” kata suami dr Susanti Dewayani.

Sementara itu, Pardamean Silaen, Asisten III Pemko Siantar mengatakan BUMN dan Pemerintah Kota Siantar akan bersinergi untuk mendukung pelaku UMKM di Kota Siantar agar mampu bersaing di pasar nasional. “Kita harus hadir untuk mendorong pelaku UMKM agar mampu bersaing, karena masyarakat Siantar memiliki inovasi untuk membuat makanan, pakaian, sovenir dan lainnya. Tugas kita adalah bagaimana menjadikan produk ini bisa dikenal secara luas,” harap Pardamean.

Sementara itu, Anditya Mahendra Khrisna, Regional Micro Banking Head Regional Office Medan mengatakan tujuan dilaksanakannya Pasar Rakyat ini dapat membantu semangat pelaku UMKM dan meringankan beban masyarakat untuk kebutuhan pokok. “Maka dari itu kita membantu masyarakat secara langsung dengan mengadakan pasar murah berupa 4.000 paket sembako dengan harga Rp 55 ribu. Selain itu, pelaku UMKM dapat mengenalkan profil produknya dihadapan masyarakat luas. Harapannya, pelaku UMKM ini kedepannya bisa menjadi pengusaha sukses yang mampu menopang perekonomian nasional serta membuka lapangan pekerjaan,” katanya.

Arya Mahendra Sinulingga, Staf Khusus Kementerian BUMN mengatakan agas masyarakat Kota Siantar senantiasa untuk terus mengembangkan UMKM dan Ultra Mikro dan mengembangkan potensi yang ada di Kota Siantar. “Kami (BUMN, red) akan terus memberikan dukungan mulai dari pembiayaan hingga pelatihan. Maka dari itu kita saat ini sudah siapkan Rumah BUMN yang ada di Kota Siantar, tujuannya adalah untuk mengembangkan potensi serta mengembangkan pelaku UMKM serta Ultra Mikro,” kata pria lulusan Institut Teknologi Bandung ini. (DN)