Siapkan Tenaga Kerja Terampil, Pemkab Tapsel Buka Pelatihan Menjahit dan Service Sepeda Motor Injeksi Secara Gratis

0
25

TAPANULI SELATAN | BERITA A1

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) melalui Dinas Ketenagakerjaan yang bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja RI membuka pelatihan menjahit dan service sepeda motor injeksi secara gratis bagi masyarakat Tapsel.

Iklan
Iklan

Bupati Dolly Pasaribu mengatakan, pelatihan tersebut sebagai upaya Pemkab Tapsel dalam menyiapkan tenaga kerja terampil untuk menyambut berbagai lowongan kerja, khususnya di bidang garmen dan otomotif, kata Dolly di ruang kerjanya pada Rabu (18/1).

Dolly berharap kepada para peserta untuk dapat mengikuti pelatihan tersebut dengan baik, sehingga dapat mengisi lowongan pekerjaan yang tersedia.

“Semoga setelah mengikuti pelatihan menjahit dan service sepeda motor injeksi mereka nantinya bisa mengajak warga sekitar untuk bekerja, dengan membuka usaha menjahit dan bengkel sepeda motor secara mandiri di rumah masing-masing,” harapnya.

Disamping itu, dengan mengikuti pelatihan ini juga nantinya bisa menjadi bekal ketrampilan serta dapat menjadi tenaga kerja yang berkualitas, produktif, dan kompeten serta berdaya saing.

Dolly menjelaskan, adapun pelatihan yang diselenggarakan Pemkab Tapsel melalui Dinas Ketenagakerjaan pada tahun 2023 secara gratis yakni, pelatihan vocasional bahasa Korea, juru las, pembuatan roti dan kue, menjahit, service sepeda motor injeksi dan vocasional bahasa Jepang, jelasnya.

Sementara Ketua TP PKK Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu mengatakan, pelatihan menjahit dan service sepeda motor injeksi sangat diperlukan bagi semua orang, karena dengan ketrampilan tersebut nantinya bisa menopang kebutuhan/perekonomian rumah tangga, imbuhnya.

Rosalina berharap, dengan adanya kegiatan ini bisa menambah ketrampilan bagi peserta, dan juga diharapkan dapat berguna untuk masyarakat.

Sedangkan Kadis Ketenagakerjaan Ahmad Raja Nasution mengatakan pelatihan menjahit dan service sepeda motor injeksi merupakan pelatihan yang bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja RI Tahun Anggaran 2023. “Nantinya seluruh peserta yang telah mendaftar dan di terima akan dilatih di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Tapsel yang beralamat di Siharang Karang, Padang Sidempuan,” katanya.

“Selain mendapat pelatihan menjahit dan service sepeda motor injeksi gratis, selama mengikuti pelatihan juga diberi uang saku dan sertifikat dari UPTD dan BNSP serta akomodasi lainnya,” tambahnya.

Untuk lebih jelasnya bagi yang berminat agar mendaftar untuk mengikuti pelatihan dan menghubungi pihak panitia dengan nomor kontak (0821 7041 7633 atau 0813 7722 1201 serta 0812 9927 3567) sebab kuota dan waktu mendaftar terbatas. (Prokopim Tapsel)/SR