Sukseskan Pemilu, Polres Simalungun dan Bawaslu Simalungun Lakukan Koordinasi

0
158
Sukseskan Pemilu, Polres Simalungun dan Bawaslu Simalungun Lakukan Koordinasi

SIMALUNGUN | BERITA A1

Untuk memperkuat sinergi dan menjaga integritas penyelenggaraan Pemilu 2024, Kapolres Simalungun AKBP Choky Sentosa Meliala, S.I.K., S.H., M.H mengunjungi Kantor Bawaslu Kabupaten Simalungun, Jumat (12/01/2024) siang untuk membahas terkait pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Februari 2024 mendatang.

Iklan
Iklan

Kegiatan kunjungan yang berlangsung di Kantor Bawaslu Jalan Saribudolok, Panei Tongah, Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun ini dihadiri oleh Kasat Intelkam Polres Simalungun IPTU Teguh Raya Putra Sianturi dan personil Polres Simalungun yang terlibat dalam Satgas Gakumdu. Kunjungan Kapolres ini disambut langsung oleh Ketua Bawaslu Simalungun, Adillah Februari Purba dan para Komisioner Bawaslu lainnya Surya Indra Ariawan, Charlles Munthe, Purba Dimanson Purba, Sekretaris Bawaslu Safrul.

Dalam kesempatan ini Kapolres Simalungun menyampaikan bahwa dinamika politik di wilayah Kabupaten Simalungun saat ini semakin hangat. Untuk menghadapi berbagai tantangan dan kesempatan dalam melaksanakan proses demokrasi yang berkualitas. Kepolisian Simalungun memahami perfeksi situasi ini dan selalu siap menjaga stabilitas keamanan.

“Kami mendapat informasi bahwa Gakumdu sudah melakukan fungsinya dengan baik. Kami ingin mendapat konfirmasi langsung dari rekan-rekan Bawaslu dan bagaimana kita bisa menjalin kerja sama yang lebih baik lagi di masa yang akan datang, untuk itu kami ingin menyampaikan bahwa Polres Simalungun tidak pernah berhenti untuk memantau perkembangan dinamika politik di Kabupaten Simalungun. Ini bagian dari tugas kami untuk mengamankan proses demokrasi dan mencegah terjadinya pelanggaran yang mungkin mengganggu integritas pemilu,” kata Kapolres Simalungun.

Mengenai netralitas Polri, ia menegaskan bahwa di internal Polri sendiri sudah ada banyak aturan yang mengikat anggotanya untuk tetap bersikap netral selama proses pemilu berlangsung. “Kami mengambil ini sangat serius, dan tidak ada toleransi terhadap pelanggaran netralitas,” tambahnya.

Tak lupa, Polres Simalungun selalu terbuka dan siap berkoordinasi serta berkomunikasi dengan Bawaslu Kabupaten Simalungun. “Terakhir, saya ingin menyatakan komitmen Polres Simalungun untuk mendukung penuh Bawaslu Simalungun dalam mensukseskan Pemilu tahun 2024. Tugas kami tidak hanya sebatas menjamin keamanan namun juga mendukung pengawasan pemilu yang efektif dan efisien. Dengan kerja sama yang solid, saya yakin pemilihan umum yang akan datang akan berjalan dengan aman, lancar, dan sukses,” pungkas AKBP Choky.

Dalam pertemuan itu, Kapolres bersama Ketua Bawaslu Kabupaten Simalungun membahas koordinasi kerja menyangkut kegiatan Pemilu tahun 2024. AKBP Choky menggarisbawahi pentingnya pemantauan dinamika politik yang kian memanas dan menegaskan kesiapan Polres Simalungun untuk mendukung Bawaslu dalam menjalankan tugasnya, khususnya dalam menciptakan lingkungan Pemilu yang aman dan terpercaya. Selain itu, ia menyampaikan komitmen Polres terhadap netralitas Polri dalam Pemilu yang sudah diatur dalam aturan internal.

Adillah Februari Purba mengatakan bahwa Gakkumdu telah berjalan sesuai fungsinya dan mengharapkan dukungan kontinu dari Polres Simalungun untuk kesuksesan penyelenggaraan Pemilu 2024 yang aman dan berkualitas.

Kegiatan kunjungan ini merupakan manifestasi dari upaya bersama antara aparat penegak hukum dan lembaga pengawas pemilu dalam menciptakan kondisi yang kondusif bagi demokrasi yang sehat di Kabupaten Simalungun.(DN)