Wanita Tidak Ada Gairah Seksual ? Waspadai Penyakit Ini

0
78
Waspadai Frigiditas Pada Wanita

TIPS | BERITA A1

“Frigid adalah disfungsi seksual pada wanita yang dapat berupa berupa kegagalan dalam menanggapi rangsangan seksual, keengganan untuk melakukan hubungan seksual, hingga kesulitan orgasme. Frigiditas merupakan istilah lama yang saat ini sudah tidak dipakai”

Apa itu frigid? Ini penjelasan lengkapnya

Frigid atau frigiditas artinya disfungsi seksual yang dialami wanita, yang dapat berupa kegagalan dalam menanggapi rangsangan seksual, keengganan untuk melakukan hubungan seksual, kegagalan dalam mencapai orgasme selama berhubungan seksual (anorgasmia), atau rasa sakit dalam berhubungan atau aktivitas seksual. Frigid adalah istilah kuno yang muncul di pertengahan abad 20 yang merujuk pada kelainan gairah seksual yang dialami wanita. Kini, penyebutan wanita frigid sudah tidak lagi dipakai karena dianggap merendahkan perempuan.Kata “frigid-” berasal dari Bahasa Latin “frigidus” yang berarti dingin, dan akhiran “-ity” yang berasal dari bahasa Latin “-itas” yang berarti kondisi atau keadaan. Pada masa pertengahan abad ke dua puluh, wanita yang mengalami frigiditas seksual juga dijuluki sebagai wanita yang ‘dingin’. Penyebutan ini membangun pandangan masyarakat bahwa wanita dengan kondisi disfungsi seksual atau frigid adalah pihak yang pantas disalahkan atas semua masalah keharmonisan yang mungkin terjadi antara wanita dan pasangannya.Istilah ini juga turut membangun asumsi bahwa wanita frigid memiliki karakter yang tidak menyenangkan, bahkan bertanggung jawab untuk kegagalan pernikahan atau perselingkuhan yang dilakukan pasangan. Padahal, kondisi pasangan laki-laki juga sangat mungkin turut berperan dalam terjadinya disfungsi seksual yang dialami wanita.

Iklan
Iklan

Penyebab frigiditas pada wanita

Kondisi frigid dapat berasal dari masalah psikologis atau emosional seperti:

  • Stres
  • Kecemasan
  • Depresi
  • Kelelahan
  • Khawatir jika hamil
  • Rasa bersalah
  • Trauma kekerasan
  • Pertengkaran dengan pasangan

Kelainan seksual pada wanita juga bisa terjadi apabila ada kerusakan saraf akibat cedera, serta bisa penggunaan alkohol dan obat-obatan tertentu.Faktanya, disfungsi seksual adalah masalah yang umum dihadapi oleh wanita. Hampir setengah dari semua wanita masih memiliki masalah seks yang dapat berlangsung terus-menerus seperti tidak ada dorongan seks atau kesulitan mencapai orgasme. Jika Anda khawatir mengenai hal ini, jangan merasa ragu dan jengah untuk memeriksakan diri ke dokter maupun ahli jiwa seperti psikolog maupun psikiater. Ini bukan hal yang memalukan. Sama halnya dengan masalah kesehatan lainnya, semakin cepat kondisi ini ditangani, semakin besar kemungkinan kondisi ini bisa diatasi.

Bagaimana ciri wanita yang mengalami frigiditas?

Ciri-ciri dan gejala disfungsi seksual pada wanita dapat ditandai dengan beragam variasi, tergantung pada masalah disfungsi seksual yang terjadi seperti:

1. Hasrat seksual rendah

Ini merupakan jenis disfungsi seksual wanita yang paling umum dan dapat ditandai dengan kurangnya minat seksual dan keinginan untuk melakukan hubungan seksual. Anda mungkin sama sekali tidak merasa tertarik dengan hal-hal terkait seksual.

2. Gangguan gairah seksual

Pada ciri gangguan seksual berikut ini, seorang wanita dapat memiliki keinginan atau hasrat yang utuh untuk melakukan hubungan seksual. Meskipun demikian, Anda mungkin kesulitan untuk meningkatkan atau memunculkan gairah atau tidak mampu terangsang. Mungkin juga Anda tidak bisa mempertahankan gairah selama aktivitas seksual.

3. Gangguan orgasme

Pada jenis gangguan seksual ini, Anda dapat memiliki minat dan gairah yang cukup untuk melakukan aktivitas seksual. Meskipun demikian, Anda dapat mengalami kesulitan secara terus-menerus atau berulang sehingga tidak dapat mencapai orgasme walaupun telah memiliki gairah seksual yang cukup dan mendapatkan stimulasi yang memadai.

4. Gangguan nyeri seksual

Gejala disfungsi seksual ini ditandai dengan rasa sakit saat menerima rangsangan seksual atau menerima kontak di area vagina. Anda bisa merasakan nyeri saat ada penetrasi di vagina dan membuat sesi berhubungan intim menjadi sangat tidak nyaman.

Frigiditas Bisa Diobati

Ada banyak penyebab frigiditas. Dokter dapat membantu Anda mengidentifikasi akar masalah serta cara mengatasinya. Dokter akan melakukan serangkaian tes termasuk pemeriksaan fisik dan memberikan pertanyaan terperinci seperti:

  • Kondisi hubungan Anda dengan pasangan
  • Kegiatan seksual yang biasa dijalani
  • Sikap terhadap seks
  • Kondisi medis lain yang mungkin dimiliki, termasuk penggunaan obat-obatan serta kemungkinan gejala lainnya.

Terapi wanita frigid akan tergantung pada penyebabnya. Perawatan yang dilakukan mungkin termasuk perubahan dalam aktivitas seksual, menghentikan, mengganti atau menambah jenis obat, bahkan operasi. Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai gangguan seksual pada wanita, silahkan berhubungan langsung dengan Dokter di kota anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here