YOUTUBER CILIK TANDIKA KUNJUNGI YP. TRISAKTI DAN TRIDARMA PEMATANGSIANTAR

0
452

PEMATANGSIANTAR | BERITA A1

Tandika dan Eben Pemilik akun Facebook TANDIKA&EBENfilm dan akun Youtube TANDIKA & EBEN Film yang memiliki ratusan ribu subscriber kini melakukan siaran live streaming di YP. Trisakti dan Tridarma Kota Pematangsiantar. Secara langsung Tandika berkeliling menelusuri setiap kegiatan yang dilaksanakan siswa-siswi di sekolah ini.

Tandika dan Eben berkunjung ke ruang praktek SMK Kesehatan Tridarma

Pertama Tandika mengunjungi kegiatan belajar di SMK Kesehatan, Tandika dengan semangat bertanya-tanya kepada siswa/i yang sedang melaksanakan praktek bahkan Tandikapun ikut memeriksa kesehatannya.

Iklan
Berita A1
Tandika dan Eben mengunjungi siswi yang sedang merakit komputer di Laboratorium

Setelah selesai mengunjungi SMK Kesehatan kemudian dia mengunjungi SMK Jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) dimana pada saat itu siswa/i sedang melakukan praktek merakit komputer. Tandika bertanya-tanya tentang teknik dan cara merakit/membuat sebuah komputer.

Setelah puas bertanya-tanya di TKJ Tandikapun melanjutkan livenya ke jurusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan) dan TBSM (Teknik dan Bisnis Sepeda Motor), dengan semangat Tandika bertanya-tanya dan dengan terkagum-kagum melihat aktifitas siswa/i di YP. Trisakti dan Tridarma.

Tandika dan Eben mengunjungi siswa yang sedang memperbaiki mesin kendaraan

Kemudian acara dilanjutkan dengan PodCast Tandika bersama dengan Jajaran Pengurus YP. Trisakti dan Tridarma,
Tandika bertanya tentang apa saja jenis pendidikan yang ada di YP. Trisakti dan Tridarma serta bagaimana tata cara pendaftaran menjadi Siswa/i di YP. Trisakti dan Tridarma Pematangsiantar, dan bertanya kelebihan masing-masing setiap jurusan yang ada.

Bapak Indra Saragih, S.E.,M.S.M. selaku Koordinator Yayasan menjelaskan bahwa di YP. Trisakti dan Tridarma mengatakan terdapat beberapa tingkat pendidikan yaitu SMP, SMA, SMK, SMEA dan SMK Kesehatan (SMK Farmasi dan SMK Keperawatan). Mengenai siswa/i yang berasal dari luar daerah YP.Trisakti dan Tridarma juga menyediakan Asrama dengan biaya yang cukup murah yaitu sebesar Rp 600.000,-/bulan dengan fasilitas makan 3 kali sehari, tempat tidur, lemari, bantal, selimut, peralatan makan dll. Pendaftaran bagi siswa/i baru telah dibuka sejak bulan 6 Januari 2022 hingga 9 Juli 2022 dan tidak dipungut (gratis) biaya pendaftaran dan biaya pembangunan.

Tandika bersama jajaran pengurus YP. Trisakti dan Tridarma pada saat acara Podcast

Bapak Riandi Sinaga, S.Pd., M.Pd. selaku kepala sekolah SMK 2 Trisakti juga menjelaskan bahwa di SMK ada jurusan TKJ, TSM, TKR, TBSM, dan untuk SMEA ada jurusan Digital Marketing. Untuk biaya uang sekolah beliau menjelaskan bahwa uang sekolah di SMK, SMA, SMEA Trisakti sebesar Rp 190.000.- /bulan, untuk tingkat SMP adalah sebesar Rp 100.000.-/bulan, dan untuk sekolah di SMK Kesehatan sebesar Rp 300.000/bulan sudah termasuk untuk biaya praktek (Rp 200.000.- uang sekolah dan Rp 100.000.- uang praktek). Untuk informasi lebih lanjut bagi yang ingin mendaftar bisa langsung menghubungi nomor HP. 082323515167.

Ketika Tandika bertanya tentang sejarah sekolah Trisakti, Bapak P. Napitupulu S.Pd., M.Pd. yang merupakan alumni dan menjadi guru di Trisakti sejak tahun 2003 menjelaskan bahwa Sekolah Trisakti berdiri sejak tahun 1999 yang dahulunya berada di jalan Gereja Pematangsiantar, dan sejak tahun 2002 dilaksankan pembangunan gedung baru di lokasi yang saat ini berada di Jl. Pdt. J. Wismar No.68 Kota Pematangsiantar, dan sejak 2003 mulailah kegiatan belajar pindah ke lokasi gedung yang baru dibangun tersebut. Hingga saat ini YP. Trisakti dan Tridarma selalu melakukan pengembangan pendidikan. “Saat ini ada program baru yang telah dibuka yaitu SMEA Jurusan Digital Marketing, untuk menambah minat belajar siswa/i maka kepada siswa/i pendaftar baru di jurusan Digital Marketing akan diberikan Laptop gratis pada tahun ke-2, dan kurikulum yang kita gunakan saat ini adalah kurikulum K13 dan kini bersiap untuk memasuki kurikulum merdeka, ujarnya”. Lulusan SMK Trisakti tidak hanya semata-mata menjadi seorang pengusaha, namun mereka dapat langsung bekerja di instansi-instansi yang sesuai dengan bidangnya. Bahkan banyak siswa/i yang melanjut ke perguruan tinggi untuk mengembangkan ilmunya dan jenjang pendidikannya.

Ibu Eva Juliana Purba yang merupakan kepala Program Studi mengatakan, “berbeda dengan Trisakti yang berdiri sejak tahun 1999, bahwa SMK Tridarma baru berdiri sejak tahun 2014 dan merupakan gelombang ke-9 hingga tahun 2022 ini, dan saat ini SMK Tridarma memiliki 2 jurusan yaitu Farmasi dan Keperawatan. Lulusan SMK Tridarma (Farmasi dan Keperawatan) dapat langsung bekerja di beberapa instansi, karena lulusan Tridarma sudah dibekali dengan Serkom (Sertifikat Kompetensi) yang diterbitkan oleh Kimia Farma. Selain itu lulusan Tridarma bisa juga melanjutkan ke perguruan tinggi, seperti contoh beberapa siswa/i ada yang lulus Fakultas Kedokteran di UNRI (Riau) dan Politeknik Kesehatan dibeberapa Universitas.

Kemudian Tandika bertanya tentang kondisi pembelajaran Ibu Ayuli Kristina Sijabat menyampaikan bahwa kondisi sekolah YP. Trisakti dan Tridarma merupakan lokasi yang starategis, nyaman dan aman, hal ini dikarenakan bahwa lingkungan sekolah ini telah didesign senyaman mungkin bahkan jika hujan turun tidak akan becek dan jika matahari terik tidak akan berdebu, hal ini karena lapangan sudah di lapisi dengan conblok. Di setiap lokal juga sudah tersedia CCTV yang digunakan untuk memantau dan menjaga kegiatan belajar mengajar terlaksana dengan baik. selain itu peraturan di sekolah melarang siswa/i untuk menggunakan HP saat jam belajar, karena dapat mengganggu proses pembelajaran, ujarnya. (Poels).