BUMN Bantu Atasi Kemiskinan di Kota Siantar, Capaian 114 Persen dari Total Kemiskinan di Siantar

0
96

PEMATANG SIANTAR | BERITA A1

Kementerian BUMN dibawah kepemimpinan Erik Tohir telah melakukan banyak program untuk mengatasi kondisi perekonomian masyarakat di daerah, salah satunya di Kota Pematang Siantar. Hal ini terbukti dengan berjalannya program Permodalan Nasional Madani (PNM) yang mampu memberikan modal untuk meningkatkan pendapatan masyarakat yang relatif rendah serta mendorong pelakh UMKM agar mampu bersaing di pasaran.

Iklan
Iklan

Arya Mahendra Sinulingga, Staf Khusus Kementerian BUMN menjelaskan program BUMN untuk mendukung pemerintah pusat maupun daerah cukup banyak. Terutama untuk mengatasi permasalahan ekonomi yang saat ini tengah mengguncang dunia. Dengan memberikan dukungan kepada UMKM dan Ultra Mikro diharapkan mampu menyanggah perekonomian di Indonesia.

“Kami (BUMN, red) hanya ingin menyampaikan informasi kepada pemerintah daerah bahwa kami sudah membantu masyarakat yang ekonominya di garis kemiskinan, total sudah 17.800, itu sudah lebih dari 114 persen dari angka kemiskinan yang ada di Kota Siantar,” kata founder klub sepak bola Karo United ini.

Ia juga menambahkan, saat ini BUMN selalu hadir di tengah-tengah masyarakat terutama pelaku UMKM dengan menyediakan Rumah BUMN yang dikelola Bank BTN. Dengan adanya Rumah BUMN diharapkan pelaku UMKM bisa mendapatkan bahan baku yang lebih murah dan meningkatkan produk UMKM. “Kita akan support UMKM-UMKM yang ada di Siantar, kita punya Rumah BUMN yang nantinya akan membantu mereka (Pelaku UMKM, red) untuk mendapatkan bahan baku lebih murah dari tempat lain yang dapat menurunkan biaya produksi mereka,” tambah pria asal Kabupaten Karo ini.

Pria lulusan Institut Teknologi Bandung ini juga menargetkan tahun 2023 ini, Ultra Mikro akan mencapai 17 juta dimana saat ini sudah mencapai 13 jutaan. “Kita menargetkan 17 juta Ultra Mikro di tahun ini, harapan kedepannya agar pelaku UMKM bisa naik level lebih tinggi agar perekonomian Indonesia semakin kuat dan dengan adanya Ultra Mikro dan UMKM ini perekonomian Indonesia tetap bertahan dengan guncangan perekonomian dunia. Hal ini dikarenakan kita selalu melakukan pembiayaan bagi pelaku UMKM dan Ultra Mikro,” katanya saat menghadiri acara HUT Kementerian BUMN yang diselenggarakan BRI Cabang Siantar, Sabtu (25/02/2023) di Lapangan Horbo, Jalan Farrel Pasaribu, Kota Siantar. (DN)