Kunjungi dan Serap Aspirasi Warga Gunung Malela, Amsar Saragih Siap Berjuang Untuk Masyarakat

0
354
Kunjungi dan Serap Aspirasi Warga Gunung Malela, Amsar Saragih Siap Berjuang Untuk Masyarakat

SIMALUNGUN | BERITA A1

Ir Amsar Saragih MM anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara menggelar reses di gendung serba guna Kompleks Bangun Land, Nagori Pematang Asilom, Kecamatan Gunung Malela, Kabupaten Simalungun, Jumat (26/01/2024) pagi. Dalam reses itu, Amsar berkomitmen untuk memperjuangkan apa yang disampaikan warga.

Iklan
Iklan

Selain menyerap aspirasi dari masyarakat, Amsar yang kini duduk di Komisi E DPRD Provinsi Sumatera Utara itu juga turut menggandeng Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara untuk membuka peluang bagi masyarakat.

“Kehadiran BLK di sini untuk membuka peluang bagi masyarakat yang ingin mengasah kemampuan dan juga masyarakat yang ingin mendapatkan pelatihan keterampilan baru yang bersertifikat,” ungkap Amsar.

Ia menambahkan, pentingnya jiwa wirausaha harus ditingkatkan dilingkungan masyarakat di daerah agar mampu menciptakan peluang sekecil apapun di lingkungan masyarakat. “Dengan kehadiran pihak BLK ini diharapkan mampu meningkatkan minat masyarakat yang akan membuka usaha atau warga yang butuh keterampilan yang bersertifikat karena di Kabupaten Simalungun ini ada perusahaan-perusahaan besar yang berdiri salah satunya di KEK Sei Mangkei,” katanya.

Jamianton Saragih SH Pengelola Kegiatan dari BLK UPTD Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara mengatakan pihaknya siap membantu masyarakat yang ingin memiliki keterampilan. “Kita membuka peluang untuk masyarakat yang ingin memiliki keterampilan sesuai kebutuhan, kita ada pelatihan untuk kuliner, pengelasan, menjahit, service HP, kecantikan, komputer dan lainnya,” ungkap Jamianton.

Ia menegaskan, bagi masyarakat Gunung Malela yang ingin mengikuti kegiatan ini agar melapor ke kantor pangulu setempat agar nantinya dapat diarahkan bagaimana mekanisme pendaftarannya. “Bagi yang mungkin sudah memiliki kemampuan, bisa diupgrade kemampuannya. Agar tidak monoton dan menjadi up to dateng,” tambahnya.

Sementara itu, ada beberapa masyarakat yang meminta agar Amsar Saragih selaku anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara itu menaruh perhatiannya terhadap pendidikan dan infrastruktur yang ada di Kabupaten Simalungun.

Menanggapi keluhan itu, Amsar akan melakukan rapat dengan dinas terkait untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di Kabupaten Simalungun. “Tadi ada juga yang mengeluhkan terkait limbah perusahaan, kita (DPRD Provinsi Sumatera, red) akan menggandeng dinas terkait untuk melakukan uji laboratorium untuk memastikan limbah perusahaan itu melewati ambang batas atau tidak,” katanya saat diakhir kegiatan.