Peringatan HANI 2022, Ka BNNK Simalungun : Pemberantasan Narkoba Harus Dimulai dari Desa

0
41

SIMALUNGUN | BERITA A1

Peredaran Narkotika kian marak dan semakin banyak masyarakat yang menjadi ‘korban’ barang haram ini. Untuk meminimalisir peredaran barang yang membuat ‘fly’ ini, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Simalungun terus gencar membangun desa Bersih Narkoba (Bersinar) di Kabupaten Simalungun.

Tercatat, sejak berdirinya BNNK Simalungun pada tahun 2018 silam sudah banyak Desa Bersinar yang dicanangkan BNNK Simalungun terutama daerah yang rawan peredaran Narkoba. “Sudah ada 9 titik, diantaranya di Kecamatan Bandar, Tapian Dolok dan Girsang Sipangan Bolon. Kita harapkan dengan berdirinya desa bersinar akan banyak masyarakat yang berperan serta dalam pemberantasan narkoba di wilayah masing-masing,” kata Kompol Suhana Sinaga, Kepala BNNK Simalungun, Senin (27/06/2022) siang dalam konferensi pers yang dilaksanakan di Kantor Camat Bandar.

Iklan
Iklan

Dalam Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2022 ini, ia berharap peran serta masyarakat semakin ditingkatkan dalam upaya membantu pemberantasan Narkoba. “Dengan kita mengedukasi masyarakat, kedepannya masyarakat memahami apa bahaya dan dampak dari mengkonsumsi narkoba. Maka dari itu, pemberantasan Narkoba harus dimulai dari desa dan peran serta stakeholders baik kepala desa, tokoh masyarakat, pemuka agama dan masyarakat itu sendiri sangat diperlukan untuk memberantas peredarannya,” tambahnya.

BNNK Simalungun telah melakukan beberapa program yang sudah berjalan yakni dengan membentuk relawan-relawan anti narkoba di setiap nagori dan kelurahan, melakukan sosialisasi ke sekolah, nagori serta kelurahan dan juga perusahaan swasta di Kabupaten Simalungun. Pembentukan Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) dengan membentuk agen pemulihan dimana bertugas untuk mencari korban penyalahgunaan Narkotika serta mencari masyarakat yang ingin melakukan rehabilitasi.

Dalam perayaan HANI 2022 yang dilaksanakan di Aula Hotel Star Park Perdagangan, BNNK Simalungun juga mencanangkan desa baru yang menjadi Desa Bersinar yakni Nagori Perdagangan II dan Nagori Bandar Jawa, Nagori Perlanaan dan Kelurahan Perdagangan III. Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Kesbanglinmas Kabupaten Simalungun Arifin Nainggolan, Kadis Kominfo Kabupaten Simalungun Sahat ML Simangunsong, Camat Bandar Ir.Sastro Tamba, Kapolsek Perdagangan AKP Josia Simarmata, Danramil 06 Perdagangan Mayor Arm. IE. Tampubolon. (DN)